Renstra Prodi Matematika

Untuk mencapai tujuan di atas, PS mempunyai sasaran sebagai berikut:

  1. Terselenggaranya pembeljaran matematika berbasis student center learning (SCL) dengan metode yang tepat.
  2. Terealisasinya Learn Manajemen system (LMS) sebagai media pembelajaran matematika yang efektif.
  3. Terlibatnya mahasiswa dalam penyelenggaraan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Tercapainya level kualifikasi lulusan berdasarkan Kerangka kualifikasi nasional indonesia (KKNI).

Untuk mewujudkan visi dan terlaksananya misi serta tercapainya tujuan PS, selain ke empat sasaran di atas, juga ditetapkan sasaran strategis program kerja yang meliputi 5 (lima) program pengembangan sebagai berikut:

  1. Program pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika
  2. Program pengembangan penelitian yang terintegrasi
  3. Program peninkatan mutu layanan laboratorium
  4. Program peningkatan kreatifitas mahasiswa
  5. Program pengembangan pengabdian pada masyarakat.

Berdasarkan kelima program pengembangan tersebut disusun program kerja dengan strategi pencapaian dan pelaksanaannya melalui tiga tahapan sebagai berikut:

Tahap I (2013-2015) : Penguatan pelayanan dan manajemen;

Tahap II (2015-2017) : Tahap I dan penguatan daya saing lokal;

Tahap III (2017-2020): Tahap II dan penguatan daya saing nasional.

Target yang ingin dicapai dari ketiga tahapan di atas dan baseline yang ada dapat dilihat pada tabel berikut.

No. Capaian tahun 2020 Baseline 2013 Keterangan
1 Akreditasi A (2014) B
2 Publikasi Internasional 15 5 60 % dari jumlah dosen
3 Pengabdian Masyarakat 8 2
4 Penelitian didanai 22 6 90 % dari jumlah dosen
5 IPK mahasiswa 85 %>3,0  50 % > 3,0
6 Masa tunggu kerja lulusan < 3 bulan < 1 tahun (8,9 bulan )
7 Kualitas input 1 : 50 1 : 10
8 SDM, S3 23 orang 11 orang 99 % dari jumlah dosen
9 MOU nasional bidang pendidikan dan penelitian 6 4
10 MOU nasional bidang pendidikan dan penelitian 4 0

 

Strategi yang digunakan untuk mencapai target di atas adalah melaksanakan program kerja PS sebagai berikut:

  1. Menyarankan kepada setiap dosen untuk menggunakan salah satu metode pembelajaran pada SCL yang dipadukan dengan TCL sesuai karakter mata kuliah yang diajarkan.
  2. Mendukung staf untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
  3. Melaksanakan seminar/konferensi/workshop nasional dan internasional.
  4. Melaksanakan kurikulum berbasis kompetensi yang sesuai dengan KKNI.
  5. Menjalankan SOP
  6. Melaksanakan valuasi diri dan penjaminan mutu secara berkesinambungan.
  7. Memberdayakan setiap lab.
  8. Memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan kurikulum.
  9. Peningkatan pelayanan akademik mahasiswa.
  10. Peningkatan pembimbingan kegiatan/kreatifitas mahasiswa.
  11. Menyempurnakan kurikulum.
  12. Melakukan kerja sama dengan instansi lain dalam bidang akademik dan non akademik.
  13. Mendorong para staf dosen untuk mendapatkan grant internasional.
  14. Mengintruksikan kepada dosen untuk melibatkan mahasiswa dalam penelitiannya.
  15. Membudidayakan seminar internal lab yang melibatkan mahasiswa.

Rencana operasional dari program kerja diatas secara rinci di uraikan dalam buku VISI, MISI dan Program Kerja PS Matematika tahun 2013-2014